Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Perempuan Penantang Badai  

image-gnews
Tari kontemporer Geurangsang, koreografi Nina Marthavia di Salihara. (TEMPO/Nickmatulhuda)
Tari kontemporer Geurangsang, koreografi Nina Marthavia di Salihara. (TEMPO/Nickmatulhuda)
Iklan
TEMPO Interaktif, Jakarta - Perempuan itu terbelenggu dalam balutan kain hitam berbahan karet. Laiknya labirin, ia terus berusaha keluar, tapi ia justru kian terbenam di dalamnya. Berusaha terbebas, tapi tak kuasa. Berupaya menarik diri, tapi malah makin terlibat.

Itulah refleksi perempuan Aceh yang terbelenggu oleh syariat Islam di Kota Serambi Mekah dalam komposisi tari bertajuk Geurangsang (Munculnya Semangat), yang dipentaskan di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jumat-Sabtu malam pekan lalu. Geurangsang merupakan koreografi karya Ninna Marthavia, seorang seniman tari asal Aceh, yang melukiskan suka-duka para perempuan Aceh.

Pentas tari itu dibuka dengan senandung syahdu yang dilantunkan Marzuki Hasan, dosen tari Institut Kesenian Jakarta, dan iringan dua rapa'i (alat musik mirip rebana) yang dimainkan oleh M. Taufik dan Zukfikar. "Mukadimah" ini seolah melontarkan imajinasi para penonton terbang ke bumi Aceh.

Di atas panggung, para perempuan Aceh--yang diperankan enam penari: Dillian, Poppy Parisa, Nur Hasanah, Hanny Herlina, Andara F. Muis, dan Shinta Malita--tampak tengah asyik bercengkerama. Dengan balutan sarung setinggi lutut, baju panjang merah marun, dan sanggul mini yang menjulang, mereka menari. Ketrip jaro atau jentikan jari, tepukan paha, dan kecepatan gerak disuguhkan para penari itu dengan apik.

Ninna tak hanya menyajikan koreografi yang bermain dengan tubuh semata. Ia juga mempertimbangkan unsur hiburan di dalamnya. Pada bagian yang melukiskan kegembiraan, misalnya, para penari yang telah berganti kostum dengan baju keemasan tampak terampil bermain simpul tali. Empat dari mereka berjejer, sambil melilitkan tali di tangan dan tubuh mereka. Gerakan-gerakan mereka kemudian membuat sebuah simpul. Dan ketika barisan itu tercerai-berai, simpul tersebut pun terbentang. Bentuknya menyerupai sarang laba-laba.

Tiba-tiba, di tengah keriangan itu, gemuruh badai menghadang. Latar suara, yang semula bernada gembira, berubah menjadi muram dan kelam. Semuanya lari tunggang-langgang. Tak ada yang menyangka tsunami datang menerjang. Pekikan kengerian terdengar menguar. Plastik-plastik putih sebagai latar panggung mulai meneteskan warna merah darah dari atas dengan cukup deras. Setelah itu, panggung berubah hening. Dan para penari kemudian kembali menari terseok, gemetar, dengan raut muka berhias rintihan.

Di tengah bencana yang mengerikan, Ninna muncul berbalut kain serba putih. Ia berkeliling sambil bersenandung. Rupanya ia sedang mencari kedua orang tuanya di Banda Aceh yang menjadi korban bencana mahadahsyat itu. Ninna merefleksikan pengalaman pribadi yang pahit ini dalam bagian tersebut. Dan pencarian Ninna itu dibuntuti beberapa penari berbaju merah, yang diibaratkan sebagai arwah para korban.

Sosok perempuan Aceh yang diperankan Ninna terus diliputi kesedihan tak terperi. Kehilangan orang-orang tercinta membuatnya terus didera kepiluan tiada tara. Namun lambat-laun perempuan itu mulai menata hatinya, kemudian berusaha bangkit dari keterpurukan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bangkitnya perempuan Aceh dari kepiluan digambarkan dengan adegan para penari, yang semula sedih, bangkit satu per satu menyuguhkan gerak tarian nan dinamis. Gerakan mereka mirip tari Saman, sebuah tarian khas Aceh.

Bagian itu kemudian ditutup dengan kedatangan para penabuh rapa'i. Ninna dan Marzuki bersenandung. Adegan ini menggambarkan harapan Ninna dan para perempuan Aceh agar negeri mereka kembali damai sejahtera.

Pementasan ini bukanlah karya terbaru Ninna. Geurangsang pernah dibawakan di atas panggung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 2004. Dalam pementasan di Teater Salihara malam itu, karya yang berangkat dari tesis Ninna di Institut Kesenian Jakarta tersebut kemudian diubah versinya. "Kali ini, geraknya lebih kaya, ada artistik cairan serupa darah, kostumnya lebih beragam, dan durasi yang semula 20 menit menjadi satu jam," katanya menjelaskan.

Aguslia Hidayah

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

29 April 2018

Peserta delegasi dari Pekalongan di Asian African Carnival 2018 di Bandung, Jawa Barat, 28 April 2018. Karnaval budaya Asia Afrika bertema Respect Diversity ini diikuti sekitar 4.000 perserta dari seluruh Indonesia dan perwakilan delegasi asing. TEMPO/Prima Mulia
Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

Seniman dan penggiat tari di Jawa Barat merayakan Hari Tari Sedunia di Bandung.


Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

28 Oktober 2017

Tari Sonteng (ANTARA News)
Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

Tari Sonteng dari Jawa Barat memikat hati para diplomat Ekuador yang tergabung dalam Asosiasi Pasangan Diplomat Ekuador.


Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

7 September 2017

Eko Supriyanto foto besama penari yang menarikan tari Balabala saat GR pementasan penutupan SIPFest 2016 di Teater Salihara Jakarta, 4 November 2016. TEMPO/Nurdiansah
Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

Eko Supriyanto akan mementaskan tari Cry Jailolo pada pembukaan pagelaran Solo International Performing Art (SIPA) di Benteng Vastenburg, Surakarta.


Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

30 Agustus 2017

Pementasan tari dalam acara Jakarta Dance Meet Up di Gedung Kesenian Jakarta, 31 Maret 2017. TEMPO/Frannoto
Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

Dance Meet Up (JDMU) #2 merupakan ajang pertemuan para komunitas tari dari berbagai genre di Jakarta.


Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

25 Agustus 2017

Penari Balet membentuk formasi saat membawakan pertunjukkan Balet dengan Tema Si Kabayan di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), 31 Oktober 2015. Pertunjukan Balet yang dimaikan oleh Marlupi Dance Academy (MDA) ini, mengkawinkan antara seni tari balet klasik dan kontemporer Nusantara. TEMPO/Subekti
Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

Penari balet Marlupi Dance Academy (MDA) berhasil meraih 7 medali di dalam ajang Asian Grand Pix 2017 yang diselenggarakan di Hong Kong.


Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

11 Juli 2017

Sejumlah penari difabel dan non-difabel melakukan latihan jelang pementasan di Galeri Kesenian Jakarta, Jakarta, 8 Juli 2017. Mereka akan membawakan koreografi CandoDance karya Mirjam Gutner dan Tanja Erhart dari grup Candoco Dance Company (Inggris). TEMPO/Subekti
Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

Gala Balet akan menampilkan kolaborasi penari difabel dari Australia, Prancis, Korea Selatan dan Italia.


Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

16 Mei 2017

Karya origami
Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

Berbeda dari kebanyakan anak-anak lain yang terkena paparan bom atom, Sadako bertahan hidup bahkan layaknya manusia normal.


Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

25 April 2017

Dua seniman membawakan tarian Bisma Srikandi di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Solo, (29/4). Pertunjukan yang digelar selama 24 jam ini untuk memperingati Hari Tani Sedunia. Tempo/Ahmad Rafiq
Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

Ribuan seniman akan menari bergantian selama sehari semalam untuk memperingati Hari Tari Sedunia di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, 29 April 2017.


Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

9 Maret 2017

Poster Pertunjukan tari Arka Suta dari Sanggar Padnecwara. Facebook.com
Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

Jelang pementasan digelar pula pameran foto dan properti

pementasan tari yang lalu


Indonesia Pentaskan Tari  

12 Januari 2017

Penari Eky Dance Company saat tampil dalam gladi resik pementasan kabaret oriental bertajuk
Indonesia Pentaskan Tari  

EKI akan mementaskan dua karya tari di India.