Kekesalan Badai Eks Kerispatih Lagunya Ditulis Indonesian Idol Milik Andmesh

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Ekspreis keyboardis Kerispatih, Badai (Keyboard) saat syuting pembuatan video klip berjudul Telah Menyesal di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, 23 Februari 2015. Telah Menyesal merupakan single ketiga dari album ke tujuh Kerispatih yang berjudul Melekat Di Jiwa. TEMPO/Nurdiansah

    Ekspreis keyboardis Kerispatih, Badai (Keyboard) saat syuting pembuatan video klip berjudul Telah Menyesal di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, 23 Februari 2015. Telah Menyesal merupakan single ketiga dari album ke tujuh Kerispatih yang berjudul Melekat Di Jiwa. TEMPO/Nurdiansah

    TEMPO.CO, Jakarta - Musisi, Badai eks Kerispatih dibuat kesal oleh Indonesian Idol lantaran lagu ciptaannya ditulis milik Andmesh. Pria dengan nama lengkap ini Doadibadai Hollo menumpahkan kekesalannya melalui unggahan di Instagram pada Selasa, 16 Maret 2021.

    "Sebuah televisi besar sekelas @officialrcti dan admin pencarian bakat besar @indonesianidolid TIDAK memilki pemahaman literasi HAK MORAL pencipta lagu," tulisnya.

    Berawal dari salah satu kontestan lima besar Indonesian Idol, Anggi Marito menyanyikan lagu berjudul Jangan Rubah Takdirku dalam penampilannya pada Senin, 15 Maret 2021. Lagu tersebut memang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Andmesh namun Badai sendiri yang menciptakannya. Ia tidak terima jika nama Andmesh tertulis sebagai pencipta lagu bersamanya.

    Baca juga: Setelah Ditegur Badai Eks Krispatih, Indira Kalistha Minta Maaf

    "Di sini disebutkan LAGU MILIK, bukan lagu yang dipopulerkan oleh... Dan menambahkan nama @andmeshkamaleng_ sebagai pemilik lagu, dan nama saya ditaruh di posisi belakang. Terkesan sebagai CO-WRITER.. Padahal ini jelas karya cipta saya tunggal. WOW banget ya," tulisnya.

    Anggi Marito saat menyanyikan lagu Badai eks Kerispatih di Indonesian Idol. Foto: IG Indonesian Idol.

    Pada unggahan berikutnya, ia memperlihatkan keterangan pada video musik lagu tersebut yang dirilis pada 13 Desember 2017. Tertulis jelas bahwa pencipta lagu itu adalah Doadibadai Hollo alias Badai. "Untuk pengecekan nama karya cipta, silahkan anda cek ke Publishing saya untuk lagu ini @hits_records, @wami.id sebagai LMK Performing Rights dan MBAH GOOGLE," tulisnya.

    Di Instagram Indonesian Idol, sempat tertulis kalau lagu Jangan Rubah Takdirku adalah milik Andmesh. Badai sudah menegur melalui kolom komentar dan saat ini keterangannya sudah diralat sehingga menjadi Andmesh yang mempopulerkannya. "Saya sudah menegur lewat komen dalam postingan tersebut yang mana sebagai PEMILIK LAGU pun tidak di tag bahkan diinformasikan jika lagu tersebut dibawakan oleh salah satu kontestan," tulisnya.

    Baca juga: Persoalkan Indira Kalistha, Badai Eks Kerispatih Dituding Pansos

    Ia merasa tak dihargai dengan tindakan seperti ini dan meminta pihak Indonesian Idol segera menghubunginya. "Jika tidak tahu bagaimana cara menghargai KARYA, saya dengan ikhlas, tidak perlu membawakan lagu saya di acara-acara TV. Saya gak papa kok. Mohon segera menghubungi saya dan management saya hari ini. Indonesia Darurat Penghargaan Karya Cipta sekalipun lewat media besar sekalipun," tulisnya.

    Juri Indonesian Idol, Ari Lasso ikut memberi komentar pada unggahan Badai ini. "Gw sudah nyangka Bro Ai nih akan nulis tentang ini..semalem @jud1ka nyebutin juga sih.. ciptaan Badai, ada yang bisa kubantu gak?" tulis Ari Lasso. "Ini masalah kebiasaan atau memang ketidaktahuan yang gak mau dipelajari mas. Kali ini gue gak bisa serta merta memakluminya. Karena sudah 3x kasus dengan stasiun yang beda dari grup yang sama. Wait and see," balas Badai.

    Andmesh juga ikut memberi semangat kepada Badai eks Kerispatih dengan adanya kejadian ini. "Beta Sangat bangga bisa memulai berkarir dengan karya kaka yang sangat luar biasa @badaithepianoman ..Tetap semangat bikin karya-karya yang menginspirasi kaka..kaka bebat. Tuhan Memberkati," tulis Andmesh di kolom komentar. Akibat kejadian ini, video saat Anggi menyanyikan lagu ini dan mendapatkan lima standing applause dari juri tidak lagi ditayangkan di Youtube. 

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Kontroversi dan Tantangan Jozeph Paul Zhang, Pria yang Mengaku Nabi Ke-26

    Seorang pria mengaku sebagai nabi ke-26 melalui media sosial. Selain mengaku sebagai nabi, dia juga melontarkan tantangan. Dialah Jozeph Paul Zhang.