Tetap Salat Jumat, Atalarik Syah Singgung Uang Pembangunan Masjid

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Atalarik Syah. INSTAGRAM

    Atalarik Syah. INSTAGRAM

    TEMPO.CO, Jakarta - Atalarik Syah menjadi sorotan ketika keputusannya untuk tetap melaksanakan salat Jumat di saat imbauan melakukan social distancing dengan cara memperolok orang yang memilih beribadah di rumah saja. Atalarik mengaku bahwa lokasi dirinya berada di zona merah yang artinya sangat rawan tertular virus corona.

    "Kebetulan kami tinggal di daerah zona merah, ingin cari masjid mana yang masih buka, jadi sekalian ini masih setengah jam dari waktu bedug," kata Atalarik dalam video yang diunggahnya pada Jumat, 3 April 2020 di Instagram. 

    Dalam unggahan di video yang kini sudah dihapus itu terlihat Atalarik bersama seorang temannya tengah memperolok mereka yang tidak melakukan salat Jumat. "Yang meninggalkan salat Jumat tiga kali berturut-turut ya berarti bukan Islam," kata teman di sebelahnya. 

    Mantan suami Tsania Marwa itu juga sempat menyinggung uang pembangunan masjid. "Alhamdulillah di daerah zona merah katanya masih ketemu masjid orang Islam yang aqidahnya kuat, Masya Allah mungkin bangun masjidnya pakai uang benar kali ya, oke Alhamdulillah mudah-mudahan minggu depan ke situ lagi," kata Atalarik.

    Atalarik Syah menyabet penghargaan Aktor Terfavorit pada Penghargaan Panasonic Gobel ke-14 di Jumat (25/3). TEMPO/Yosep Arkian

    Sejak videonya viral, Atalarik memutuskan untuk menutup kolom komentarnya di Instagram. "Maaf comment ditutup karena ingat Firman Allah 'Lakum dinukum waliyadin'. Setahuku beribadah itu untuk siap menghadapi yang ada di depan kehidupan kita, keadaan di belakang cuma untuk diingat bukan disesali, yakin pada Allah SWT yang Maha Pengampun dan Penerima tobat," tulis Atalarik pada Jumat, 3 April 2020.

    Dia juga berharap tidak ada masjid yang ditutup karena warganya yang bernyali kecil. "Tiap Jumat pameran saldo infak sedekah, masjid bisa mandiri bikin peralatan sterilisasi atau periksa suhu, salat pake masker paling tidak boleh kok, salaman nempel juga nggak wajib. Apa warganya yang munafik? Allahualam, jangan jerumuskan aku dalam ke dalam golongan orang munafik ya Allah, aamiin," tulis Atalarik.

    Dari pernyataannya tersebut, Atalarik dibanjiri berbagai komentar yang menyudutkan dirinya. "Berarti masjid di Nabawi dan Mekkah di Arab pake uang haram bangunnya ya kan ditutup tuh," tulis akun @thenujovis. "Tolong jangan egois mikirin pahala diri sendiri tapi membuat susah orang banyak," tulis akun @emilyfirdiana. "Hijrahnya bukan menjadi lebih baik, malah hijrah gak tahu kemana ini jalannya," tulis akun @budiobasri.

    Satu minggu sebelumnya, Atalarik Syah juga sempat menyinggung pihak-pihak yang menghalangi masyarakat untuk beribadah. "Jumat barokah, semoga dengan ibadah kita terhindar corona. Sungguh terlaknat yang menghalangi orang beribadah dengan alasan apapun, aamiin," tulis Atalarik pada Jumat, 27 Maret 2020.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    BPOM, Panduan Penerapan New Normal di Warung Makan

    BPOM memberi petunjuk mengenai penerapan new normal di berbagai tempat. Ada enam rekomendasi ikhwal tatanan baru ketika mengunjungi warung makan.