Abidzar Rela Putus Sekolah untuk Bantu Ibunya Sepeninggal Uje

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Abidzar Al Ghifari. Instagram

    Abidzar Al Ghifari. Instagram

    TEMPO.CO, JakartaAbidzar Al Ghifari, putra almarhum Ustad Jefri Al Buchori alias Uje dan Pipik Dian Irawati atau yang seringkali dipanggil Umi Pipik rela berhenti sekolah demi membantu perekonomian keluarganya. Kepada Ashanty dan Aurel Hermansyah, Abidzar mengaku kasihan kepada ibunya yang menjadi orang tua tunggal usai Uje meninggal dunia pada 2013.

    "Aku waktu SMA, aku enggak mau kelarin SMA jadi kelas 2 SMA aku udah enggak mau sekolah jadi buat masuk ke entertain buat membantu doang," kata Abidzar di kanal YouTube The Hermansyah A6 yang diunggah pada Sabtu, 29 Agustus 2020.

    Keinginannya itu bukan tanpa alasan yang kuat. Abidzar sedih ketika melihat ibunya harus bekerja untuk menghidupinya dan adik-adiknya. Ia merasa harus mengambil langkah untuk bisa meringankan beban ibunya. "Karena emang ngerasa ada tanggung jawab aja sih karena anak laki-laki paling besar," kata Abidzar.

    Abidzar Al Ghifari. Instagram

    Keputusan Abidzar untuk tidak melanjutkan pendidikan itu sempat ditentang Umi Pipik. Sebagai seorang ibu, Pipik Dian Irawati ingin Abidzar bisa meneruskan sekolahnya. "Sempat berdebat juga sama dia, karena dia (bilang) 'gak bisa, nanti homeschooling aja' jadi benar-benar mau masuk entertain mau cari uang katanya biar umi gak kemana-mana di rumah aja," kata Umi Pipik.

    Namun karena kegigihan Abidzar untuk masuk ke dunia entertain, Umi Pipik akhirnya bisa menerima dan memberi kebebasan. Hal ini dilakukan karena ia tidak ingin Abidzar memilih jalan yang salah ketika keinginannya itu tidak dipenuhi. Selain itu, Umi Pipik mengerti kalau Abidzar melihat perjalanan hidup Uje yang kelam sebelum menjadi ustad.

    "Banyak doa aja karena saya enggak bisa kasih hidayah ke anak-anak tapi lebih kepada Allah yang bisa kasih hidayah, jadi biarkan mereka berproses aja. Dulu aku dan Uje juga sempat muda kan, kita juga enggak pernah seperti ini akhirnya semua berproses pasti akan ada titik balik," kata Umi Pipik.

    Umi Pipik menyampaikan harapannya agar Abidzar yang sudah berusia 19 tahun bisa menjadi penerus Uje. "Berharapnya dia (Abidzar). Dia udah berani ngomong dikit-dikit, ceramah dikit di depan seusia-usia dia kan ada komunitas Bikers Dakwah," kata Umi Pipik.

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Satu Tahun Bersama Covid-19, Wabah yang Bermula dari Lantai Dansa

    Genap satu tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Kasus pertama akibat virus corona, pertama kali diumumkan pada 2 Maret 2020.