Dari Tina Toon Sampai Celine Evangelista Bicara Soal Banjir

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Tina Toon. Instagram.com/@tinatoon101

    Tina Toon. Instagram.com/@tinatoon101

    TEMPO.CO, Jakarta - Tina Toon adalah satu dari beberapa selebritas yang menjadi korban banjir di Jakarta sejak Senin malam, 24 Februari 2020 hingga Selasa, 25 Februari 2020. "Banjir di Jakarta. Terus-terusaan. Kami (termasuk saya) lima kali ngalamin banjir dalam waktu 2 bulan," tulis Tina di Instagramnya pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Perempuan yang menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta ini merasa banjir harus menjadi prioritas utama. "Terus kita berteriak, menyidak, bersuara untuk penanganan banjir ini dan rasanya lima kali sudah harus wajib kudu jadi prioritas," tulis Tina.

    Selain Tina, banyak selebritas yang juga memandang bencana banjir di Jakarta ini dari berbagai sudut pandang. Berikut pernyataan mereka. 

    Dewi Irawan

    Aktris senior Dewi Irawan salah satunya. Dewi tidak segan-segan untuk menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan menyindir para pendukungnya. "Gimana banjirnya? Mantap! (sebenarnya pengen pajang meme dia, tapi perut langsung mual dan pengen ngaspal mukanya). Kalau pendukung Anies bilangnya "pasti yang disalahin Anies!" Emang bener. Gak bener," tulis Dewi di Instagram pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Ernest Prakasa

    Sutradara dan komika Ernest Prakasa juga menyindir kepala daerah bahwa masyarakat harus belajar bersabar dalam menghadapi situasi saat ini. "Terima kasih Pak Gubernur. Kami ini memang terlalu emosian, harus banyak dilatih lagi kesabarannya. Semoga dengan begini kami jadi insan-insan yang lebih tabah," tulis Ernest di Twitter pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Rumah aktor senior Roy Marten kembali kebanjiran (Instagram - @roymarten5213)

    Hotman Paris

    Pengacara kondang Hotman Paris juga tak luput menyoroti banjir di Jakarta. Hotman memberi sindiran kepada oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang mengabaikan penderitaan rakyat demi kepentingan pribadi. Hotman tidak tega dengan korban banjir khususnya anak-anak yang terpaksa harus mengungsi.

    "Senyum pahit di atas kesengsaraan! Zaman serba modern dunia sudah canggih tapi banjir saja gak bisa atasin! Perizinan gedung, apartemen dll semau gue diterbitkan tanpa pengawasan aspek lingkungan terutama banjir! Di mana nikmatnya menikmatin uang rezeki oknum di atas penderitaan rakyat begini! Bayangin keluarga miskin di mana anak cucu mereka harus nginap malam ini? Saat mati nanti itu uang rezeki itu ngak di bawa mati dan hidup ini hanya sebentar! Sadar!" tulis Hotman di Instagram pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Celine Evangelista

    Istri Stefan William ini juga sudah lima kali mengalami banjir di tempat tinggalnya. Ini mengharuskannya membawa anak-anaknya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Celine bingung mengapa banjir ini terus menerus terjadi.

    "Kalau dulu ada istilah banjir lima tahun sekali tapi sekarang banjir lima kali sebulan bahkan tiap minggu banjir. Kirain terealisasi dengan cepat eh tahunya makin hari makin parah banjirnya. Bagaimana ini hujan lokal loh bukan kiriman! Gimana pompa? Apa kabar? Kesel," tulis Celine di Instagram Storynya pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Vidi Aldiano

    Penyanyi Vidi Aldiani berharap warga tetap memperhatikan situasi sekitar di tengah banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Jakarta. Vidi juga memberikan semangat kepada mereka yang harus tetap bekerja di tengah situasi banjir ini. "Jakarta di mana-mana banjir. Jadi aku hanya berharap kalian tetap aman. Buat yang masih beraktivitas ataupun masih di jalan macet-macetan, semangat," kata Vidi di Instagram Storynya pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Roy Marten

    Menurut ayah dari Gading Marten banjir yang terjadi saat ini merupakan teguran kepada manusia yang selama ini belum baik dalam menjaga lingkungan. "Sudah empat kali banjir dalam 2 bulan tetap bersyukur karena ada ribuan hari hidup nyaman, ini adalah balasan alam ketika manusia merusak keseimbangannya," tulis Roy di Instagram pada Selasa, 25 Februari 2020.

    Nycta Gina

    Aktris sekaligus penyiar radio ini juga sudah empat kali mengalami banjir di tahun ini. Namun menurutnya banjir kali ini merupakan yang terparah dibanding sebelumnya. Nycta terpaksa mengungsi menggunakan perahu karena harus membawa dua anaknya yang sedang sakit.

    "Banjir untuk ke-4 kalinya di tahun 2020 dan hari ini cukup parah menurut gw. Setelah di banjir sebelumnya kita bertahan di rumah dengan sewa genset, sampai akhrnya kita terpaksa juga ngungsi karena air terlalu tinggi, belum ada tanda-tanda surut dan mobil penyewaan genset ga bisa masuk. Demi bisa kerja, demi bisa ke dokter karena utauti lagi sakit akhirnya kita naik perahu," tulis Nycta di Instagram pada Selasa, 25 Februari 2020.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Cara Memberlakukan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

    Presiden Joko Widodo telah menandatangai PP No 21 Tahun 2020 yang mengatur pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar menghadapi virus corona.