Bandara Dipadati Penumpang, Kalina Ocktaranny Bingung

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Kalina Oktarani. Instagram/@kalina_ocktaranny

    Kalina Oktarani. Instagram/@kalina_ocktaranny

    TEMPO.CO, JakartaKalina Ocktaranny bingung dengan peraturan pemerintah yang memperbolehkan sejumlah moda transportasi antar kota beroperasi kembali. Namun aturan tersebut berbanding terbalik dengan larangan mudik yang pernah dikemukakan oleh Presiden.

    "Ga boleh mudik. Ga boleh keluar kota. Eh tapi di bawah 45 tahun boleh beraktivitas lagi deng boleh terbang asal ada surat dinas," tulis Kalina di Instagramnya pada Kamis, 14 Mei 2020.

    Media sosial sempat diramaikan oleh foto suasana di dalam Bandara Soekarno-Hatta yang dipadati calon penumpang. Dalam foto tersebut mereka mengenakan masker namun tidak mematuhi jaga jarak dengan orang lain.

    Kalina pun ikut memberikan komentar mengenai foto tersebut. "Tapi katanya antrean yang terlihat di gambar yang diunggah netizen tersebut merupakan antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan," Kalina menyentil.

    Kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

    Menurutnya, walaupun mereka membawa surat yang menjadi persyaratan untuk terbang, mereka tetap bisa saja saling menularkan satu sama lain karena antrean yang padat. "Tapi kan tetep ya senggol-senggolan. Terus dalam pesawat ga bejubel gitu? Terus terus.. ah terus bingung aku tuh," Kalina menambahkan.

    Mantan istri Deddy Corbuzier itu heran dengan kelakuan sejumlah masyarakat yang seakan tidak peduli dengan kesehatannya. "Terus aku harus bagaimana yang di rumah aja udah berbulan-bulan Bambang? Terus mereka yang di garda depan nanganin coronces bagaimana?" tulis Kalina.

    Menurutnya kejadian seperti itu juga tidak bisa menyalahkan satu pihak saja namun masyarakat juga harus sadar dan paham akan keselamatan masing-masing serta orang sekitar. "Mau ada imbauan, larangan, aturan, toh tetep aja ga jelas. Akhirnya diri kita sendiri yang harus berfikir keras bagaimana untuk tetap sehat!" tulis Kalina di Instagram Story.

    Peraturan yang dibuat seperti tidak ada gunanya karena kalah dengan keinginan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. "Mau itu aturan di tempel di jidat masing-masing orang juga percuma. Wong keinginan mereka untuk mudik lebih kuat dari pada diam di rumah. Trus nanti alesan deh, di rumah aja ga punya uang. Lah itu beli tiket pesawat bisa. Belinya pake uang kan? Bukan pake daun kelor?" tulis Kalina.

    Namun ibunda Azka Corbuzier yang kini sudah menikah lagi dengan Insank Nasruddin itu mengingatkan kepada mereka yang masih egois dan tetap ingin pulang ke kampung halaman supaya jika jumlah orang positif semakin bertambah, jangan menyalahkan siapapun tapi diri sendiri.

    "Nanti kalau di kampung ternyata makin banyak yang terkena coronces, jangan ngeluh. Jangan salahin si A si B. Kalian lari ke kamar, cari cermin. Nah maki dah tuh orang yang ada di cermin. Gitu aja sih. Ga mudah mengatur masyarakat Indo yang jumlahnya ratusan juta. Pasti memang kewalahan dan sulit banget. Tapi, ah sudahlah," tulis Kalina.

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Jangan Unggah Sertifikat Vaksinasi Covid-19 ke Media Sosial

    Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan sejumlah bahaya bila penerima vaksin Sinovac mengunggah atau membagikan foto sertifikat vaksinasi Covid-19.