Terimbas Aturan Baru Perjalanan Naik Pesawat, Gebby Vesta Mengamuk di Bandara

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Selebgram, Gebby Vesta. Foto: Instagram Gebby Vesta.

    Selebgram, Gebby Vesta. Foto: Instagram Gebby Vesta.

    TEMPO.CO, Jakarta - Selebgram, Gebby Vesta mengamuk di sebuah bandara saat hendak terbang, kemarin. Ia tak diperkenankan terbang sekalipun sudah menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR. Gebby mengunggah video saat dia mengamuk di depan petugas yang menghalanginya terbang, tanpa menyebutkan lokasi bandara dan hendak melakukan perjalanan dari mana ke mana. 

    "Semua kita dipersulit. Tuhan lucu banget. Itu masnya yang tentara nyolot, 'Salah sendiri enggak nonton televisi,' Emang kita harus nonton televisi sementara acara di televisi enggak berguna sama sekali. MBak ini juga nyolot, ibu itu," katanya saat mengunggah vlog saat ia mengamuk di akun Instagramnya, Rabu, 21 Juli 2021. "Enggak guna punya kartu vaksin dan PCR," teriaknya kesal. 

    Ia kemudian berdebat dengan seorang petugas wanita yang terlihat terpancing dengan amukan Gebby. "Ini biar follower saya yang banyak nonton semua, kalau perlu saya upload di Youtube. Gunanya vaksin buat apa," katanya dengan berteriak. 

    Petugas wanita yang tak terima diteriaki Gebby kemudian menunjukkan kertas berisi aturan baru. Petugas itu memberikan tanda jari di dahinya sambil menjawab, "Dasar enggak punya o*ak." Dibalas dengan suara Gebby lebih kencang lagi, "Ibu yang enggak punya o*ak. Mempersulit negara yang lebih susah." 

    Gebby Vesta (Instagram - @gebby.vesta_)

    Jika merujuk pada aturan berdasarkan Surat Edaran No. 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019, sebenarnya Gabby sudah memenuhi persyaratan yang diharuskan. Aturan yang memperbarui regulasi sebelumnya menyesuaikan penerapan PPKM  Level 4 di wilayah Jawa dan Bali pada 21 - 25 Juli 2021, dua syarat harus menunjukkan kartu vaksin dan PCR itu sudah terpenuh. 

    Tapi, pemerintah sudah mengimbau agar penumpang pesawat ke luar kota hanya melakukan perjalanan dalam kondisi sedang memiliki keperluan mendesak. Petugas bandara akan memvalidasi dokumen yang dipersyaratkan. 

    Gebby mengaku diminta dokumen yang memperlihatkan tanda tangan ketua RT dan RW. "Data sudah lengkap, ada lagi syarat terbang harus ada surat dinas dan izin RT RW, udah kayak mau nikahan yang gak ada update peraturan baru," tulisnya saat mengunggah kembali video itu di halaman Instagramnya kemarin. Tampaknya ia enggan membaca berbagai perkembangan baru mengenai penanganan pandemi. 

    "Jadi setelah gue ramai, mereka ketakutan. Terus ngancem gue, katanya gue mau dipolisikan, sekalian gue tantangin sekalian. Akhirnya aku didekati petugas dan bilang, 'Mbak-mbak jangan teriak-teriak, sini dicap,' jadi intinya kita harus teriak-teriak dulu, baru dikasih cap," kata Gebby Vesta dengan ekspresi kesal. 

    Baca juga: Gebby Vesta Gembira Dinobatkan Sebagai Miss Congeniality


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Ketahui, Syarat Sebelum Melakukan Perjalanan atau Traveling Saat PPKM

    Pemerintah menyesuaikan sejumlah aturan PPKM berlevel, termasuk syarat traveling baik domestik maupun internasional.