Disebut Jiplak Lagu, Kekeyi Tak Bisa Makan karena Takut Dipenjara

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Rahmawati Kekeyi di video klip lagu Keke Bukan Boneka. (Youtube - @rahmawati kekeyi putri cantikka)

    Rahmawati Kekeyi di video klip lagu Keke Bukan Boneka. (Youtube - @rahmawati kekeyi putri cantikka)

    TEMPO.CO, Jakarta - Kekeyi mengaku sedang tak tenang hidupnya dan ketakutan setelah lagunya yang berjudul Keke Bukan Boneka dianggap memiliki kemiripan pada penggalan lirik dan nadanya. Tapi ia juga bersyukur lagunya itu memuncaki trending di Youtube. 

    "Aku senang kalau trending, aku bersyukur, terima kasih sama sahabat-sahabat Kekeyi, sama semuanya yang udah dukung aku, tapi kok jadi konflik gini," kata selebgram bernama Rahmawati Putri Cantikka atau Rahmawati Kekeyi itu di kanal Youtube Dunia Manji milik Anji pada Ahad, 31 Mei 2020. 

    Ia mengaku tak mengetahui soal kemiripan lagu ciptaannya dengan lagu Aku Bukan Boneka karya Novi Umar yang dipopulerkan oleh Rinni Wulandari itu. Ia mengaku takut setelah videonya mendapatkan banyak respon termasuk dari Rinni Wulandari dan Novi Umar. 

    Terutama pada pernyataan Novi Umar di kanal YouTube-nya yang merasa kalau Kekeyi sudah mengambil haknya tanpa dikomunikasikan terlebih dulu. Ia memaklumi atas ketidaktahuan mengenai hak cipta, namun Novi Umar menyerahkan masalah ini kepada pihak label yang menaunginya, yaitu Sony Music Entertainment Indonesia. 

    Rahmawati Kekeyi Putri Cantika bersama Nagita Slavina dan makeup artist Ryan Ogilvy. Instagram.com/@raffinagita1717

    Bahkan Kekeyi mengaku tak bisa makan setelah kasus ini ramai di media sosial. "Aku kemarin sampai deg-degan dan nangis, 'Kenapa? Aku salah apa?'," kata Kekeyi. "Aku gak tahu apa-apa tentang lagu itu. Aku lihat akun gosip kemarin itu aku simpan sampai sekarang aku tuh gak bisa makan."

    Kepada Anji, ia mengaku takut jika masalah ini menjadi panjang dan dirinya dilaporkan ke polisi atas kasus pelanggaran hak cipta. "Aku takutnya kalau aku dipenjara gimana. Aku pikirannya suka aneh-aneh. Aku nanti kalau dipenjara gimana, aku cuma niatnya menghibur doang, enggak mikir yang lain-lainnya. Aku cuma takutnya kalau aku dipenjara gimana," kata Kekeyi.

    Mantan pacar Rio Ramadhan  itu juga sudah menyampaikan permintaan maafnya langsung kepada Rinni. "Aku juga udah hubungin Kak Rinni, 'Kak maaf ya kalau misalnya aku ada salah masalah lagu itu, maaf banget'," kata Kekeyi. Hal ini dilakukannya untuk menjelaskan alasan dari pembuatan lagu tersebut.

    "Aku enggak ada niatan untuk jiplak, aku nulis lagu itu karena aku pernah disakitin sama mantan aku terus bukan boneka itu sempat ramai di media karena mantan aku posting itu, ya udah aku jadiin Keke Bukan Boneka," kata Kekeyi.

    Perempuan 25 tahun itu sempat berpikir untuk menghapus lagu tersebut dari kanal YouTubenya. Ia sangat merasa bersalah karena lagu karyanya mirip dengan lagu yang sudah ada sebelumnya dan ini diluar pengetahuannya. "Aku minta maaf banget, aku bukan niatan buruk atau ambil lagu orang atau hak cipta orang. Aku cuma niat buat lagu dan benar-benar gak tahu kalau lagunya itu sama," kata Kekeyi.

    Lagu Keke Bukan Boneka langsung melesat ke puncak trending di Youtube Indonesia. Kurang dari 24 jam sejak diunggah di kanal Youtube Kekeyi, video musik lagu tersebut sudah ditonton lebih dari sejuta kali. Lagu ini bahkan mampu menggeser video klip Lady Gaga feat Blackpink berjudul Sour Candy dari puncak trending Youtube Indonesia.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Benarkah Ada Jam Makan Yang Bikin Gemuk?

    Banyak cara untuk membuat berat badan menjadi ideal, contohnya waktu makan. Namun makan di jam yang salah bisa bikin gemuk.