Penonton Bayaran Jadi Alay karena Tuntutan

Oleh :
  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Sejumlah anak alay menunjukkan pose foto khas mereka ketika ditemui oleh Tempo di studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta  (30/05). TEMPO/DIAN TRIYULI HANDOKO

    Sejumlah anak alay menunjukkan pose foto khas mereka ketika ditemui oleh Tempo di studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta (30/05). TEMPO/DIAN TRIYULI HANDOKO

    TEMPO.CO, Jakarta - Para penonton acara musik di televisi, biasanya sudah dicap dengan sebutan anak alay. Padahal menurut Eni, salah seorang penonton bayaran dan juga extras (pemeran figuran) tidak semua penonton acara musik adalah anak alay.

    “Aku juga sempat tersinggung juga sih. Kalo dibilang alay, sebenarnya di tv lain kan dibilangnya penonton bayaran,” katanya, saat ditemui Tempo di daerah Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 6 Juni 2013.

    Menurutnya, sebutan alay mulai dikaitkan ke penonton acara musik semenjak acara Dahsyat. “Mau kita cuma nonton, atau yang extras semua jadi dipanggil alay,” jelasnya. Sebenarnya keberadaan penonton adalah hal yang penting dari sebuah acara karena dari penonton keseruan terjadi. Mulai dari tepuk tangan sampai yel-yel khusus per acara musik.

    “Padahal yang ngomongin alay mereka nonton kita loh. Kan acara itu juga butuh kita. Kalau nggak ada kita nggak akan seru acaranya,” kata perempuan asal Wonogiri ini. Namun, jika ada pihak-pihak tertentu yang membicarakan alay dengan kata-kata berlebihan, Eni akan menjelaskan bahwa tidak semua penonton acara musik itu alay.

    Semua yang dilakukan Eni dan penonton bayaran lainnya hanyalah perintah dan bentuk profesionalisme suatu pekerjaan. “Kita disebut alay kan juga karena tuntutan dari krunya. Karena harus kayak gitu, kita dibayar untuk itu ya udah kita jalanin aja.”

    NANDA HADIYANTI

    Topik terhangat:
    Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Membangkang | Ahmad Fathanah

    Berita terkait:
    Pramugari Sriwijaya Air Dipukul Pejabat Daerah
    Pramugari Sriwijaya Air Banjir Dukungan di Twitter
    Pemerintah Tegaskan Larangan Ponsel di Pesawat


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Empat Macam Batal Puasa

    Ada beberapa macam bentuk batalnya puasa di bulan Ramadan sekaligus konsekuensi yang harus dijalankan pelakunya.