Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Ada Cerita di Balik Topeng

image-gnews
Iklan

TEMPO Interaktif, Jakarta -Namanya Aerli. Dia adalah cucu Mimi Rasinah, maestro tari topeng dari Cirebon. Sejak kecil, dia belajar tari topeng Cirebon gaya Indramayu dari sang nenek. Tari Kijang adalah tarian favoritnya. Pada usia lima tahun, bencana itu terjadi. Ketika dia sedang asyik menari, tiba-tiba terdengar ledakan keras. Yang dia tahu, api kemudian membakar tubuh mungilnya. Selama tiga bulan, gadis itu terbaring koma di rumah sakit.

Tapi Aerli tak lantas berhenti menari. Meski kulit tubuhnya tak lagi mulus. Meskipun berbulan-bulan dia harus bersusah payah melatih kembali tubuhnya yang kaku. “Sekali menari, akan terus menari,” kata generasi kesebelas penari topeng Cirebon itu, lantang. Di panggung Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta, Jumat dan Sabtu lalu, dia memperlihatkan perjuangannya untuk kembali menjadi penari setelah tersadar dari koma lewat tari Panji Sakit.

Kisah Aerli tertuang dalam pertunjukan tari berjudul Di Belakang. Sang penggagas sekaligus koreografer, Martinus Miroto, tak cuma menyuguhkan tarian, tapi juga dialog. “Konsepnya mengambil esensi wayang wong,” kata Miroto, yang menekuni seni tari tradisi dan kontemporer. Menurut Miroto, akar pertunjukan tari di Jawa sesungguhnya tidak hanya sekedar menampilkan gerak tari semata, tapi juga kaya dengan dialog .

Sesuai dengan judulnya, Di Belakang adalah karya tari yang ingin memperlihatkan apa yang ada di balik topeng. Topeng dalam arti alat atau kedok untuk menutupi. Pertunjukan tari ini tak hanya memperlihatkan kelincahan, keanggunan, dan gerakan tubuh penari yang gemulai, tapi juga kehidupan para penari di luar panggung. “Ini semacam testimoni dan rekonstruksi,” ujar penari asal Yogyakarta ini.

Melalui tarian ini Miroto hendak menyampaikan sisi lain seorang penari. Tak hanya menyampaikan suka-dukanya bergelut di dunia tari sendirian, dia menggandeng penari topeng Aerli Rasinah dan M. Budi Hartomo untuk ikut berbagi pengalaman. Guna memperkuat adegan, dia juga melibatkan Sri Qadariatin dari Teater Garasi. Selama setahun mereka menyiapkan pementasan ini, dibantu penari dan koreografer asal Belanda, Gerard Mosterd, untuk memperkuat dramaturgi.

Di Belakang disuguhkan di atas panggung sederhana. Hanya ada lima bangunan berbentuk kubus setinggi dua meteran. Para penari juga tampil dengan kostum seadanya: celana pendek, kaus, bahkan bertelanjang dada. Meskipun terilhami oleh tari topeng, hanya pada beberapa adegan saja para penari menggunakan topeng. Tarian ini justru ingin memperlihatkan apa yang ada di balik topeng yang biasa dikenakan para penari itu.

Di Belakang juga tidak hanya menyajikan gerakan-gerakan tari tradisi, seperti tari Panji, Kijang, dan Getak. Diiringi komposisi musik elektronik kontemporer garapan Yennu Ariendra, tarian ini juga kaya akan gerakan-gerakan tari kontemporer, dengan unsur-unsur teater di dalamnya.

Lihatlah adegan ketika Budi Hartomo menyampaikan testimoninya. Miroto mengemasnya dalam satu adegan yang menarik. Bagian kanan panggung disulap menjadi sebuah jamban terbuka. Sambil buang hajat dan mengisap rokok, Budi bercerita soal kegundahannya mempertahankan tari Getak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemuda 21 tahun asal Pamekasan, Madura, itu mengaku lahir dari keluarga penari. Ayah dan dua kakaknya adalah penari Getak. Tapi mereka sudah tidak lagi aktif menari lantaran faktor usia. “Mereka berhenti di usia 35,” kata Budi. Para penari Getak memang biasanya berhenti menari ketika menginjak 35 tahun lantaran secara fisik sudah tak kuat lagi. “Tarian ini sangat menguras energi,” kata Budi, yang pernah pingsan kecapekan setelah menari.

Kini Budi menjadi satu-satunya penari. Dia cemas lantaran tak ada seorang pun yang tertarik meneruskan seni tradisi itu. “Mungkin saya pewaris terakhir,” katanya. Usahanya mencari sang ahli waris diterjemahkan di atas panggung lewat paduan dialog dan koreografi. “Ayo, siapa yang mau belajar, ke sini, gratis,” katanya mengajak penonton. Di atas panggung, Budi menari mengenakan topeng Baladewa--Raja Mandura--sambil terus mengajak orang-orang berlatih. Wajahnya makin diliputi kecemasan karena, hingga musik pengiring berakhir, tak ada satu pun orang yang mau menari bersamanya.

Kisah Budi bukanlah rekaan. Inilah kenyataan yang terjadi sesungguhnya. Tari topeng Getak kian ditinggalkan. Anak-anak muda di kampungnya lebih tertarik main games, handphone, dan sepeda motor ketimbang berlatih tari. Sanggar tari Siswa Budaya, yang didirikan ayahnya pada 1965, sepi lantaran tak punya murid satu pun.

Di Belakang hadir sebagai perayaan atas nilai-nilai kehidupan dan tradisi. Tarian yang bakal dipentaskan di Belanda dan Belgia pada 2 hingga 10 Oktober mendatang itu pada akhirnya memunculkan makna topeng bagi tiap penonton. Juga kekhawatiran akan hilangnya sebuah warisan.

Nunuy Nurhayati


Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

29 April 2018

Peserta delegasi dari Pekalongan di Asian African Carnival 2018 di Bandung, Jawa Barat, 28 April 2018. Karnaval budaya Asia Afrika bertema Respect Diversity ini diikuti sekitar 4.000 perserta dari seluruh Indonesia dan perwakilan delegasi asing. TEMPO/Prima Mulia
Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

Seniman dan penggiat tari di Jawa Barat merayakan Hari Tari Sedunia di Bandung.


Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

28 Oktober 2017

Tari Sonteng (ANTARA News)
Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

Tari Sonteng dari Jawa Barat memikat hati para diplomat Ekuador yang tergabung dalam Asosiasi Pasangan Diplomat Ekuador.


Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

7 September 2017

Eko Supriyanto foto besama penari yang menarikan tari Balabala saat GR pementasan penutupan SIPFest 2016 di Teater Salihara Jakarta, 4 November 2016. TEMPO/Nurdiansah
Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

Eko Supriyanto akan mementaskan tari Cry Jailolo pada pembukaan pagelaran Solo International Performing Art (SIPA) di Benteng Vastenburg, Surakarta.


Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

30 Agustus 2017

Pementasan tari dalam acara Jakarta Dance Meet Up di Gedung Kesenian Jakarta, 31 Maret 2017. TEMPO/Frannoto
Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

Dance Meet Up (JDMU) #2 merupakan ajang pertemuan para komunitas tari dari berbagai genre di Jakarta.


Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

25 Agustus 2017

Penari Balet membentuk formasi saat membawakan pertunjukkan Balet dengan Tema Si Kabayan di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), 31 Oktober 2015. Pertunjukan Balet yang dimaikan oleh Marlupi Dance Academy (MDA) ini, mengkawinkan antara seni tari balet klasik dan kontemporer Nusantara. TEMPO/Subekti
Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

Penari balet Marlupi Dance Academy (MDA) berhasil meraih 7 medali di dalam ajang Asian Grand Pix 2017 yang diselenggarakan di Hong Kong.


Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

11 Juli 2017

Sejumlah penari difabel dan non-difabel melakukan latihan jelang pementasan di Galeri Kesenian Jakarta, Jakarta, 8 Juli 2017. Mereka akan membawakan koreografi CandoDance karya Mirjam Gutner dan Tanja Erhart dari grup Candoco Dance Company (Inggris). TEMPO/Subekti
Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

Gala Balet akan menampilkan kolaborasi penari difabel dari Australia, Prancis, Korea Selatan dan Italia.


Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

16 Mei 2017

Karya origami
Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

Berbeda dari kebanyakan anak-anak lain yang terkena paparan bom atom, Sadako bertahan hidup bahkan layaknya manusia normal.


Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

25 April 2017

Dua seniman membawakan tarian Bisma Srikandi di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Solo, (29/4). Pertunjukan yang digelar selama 24 jam ini untuk memperingati Hari Tani Sedunia. Tempo/Ahmad Rafiq
Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

Ribuan seniman akan menari bergantian selama sehari semalam untuk memperingati Hari Tari Sedunia di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, 29 April 2017.


Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

9 Maret 2017

Poster Pertunjukan tari Arka Suta dari Sanggar Padnecwara. Facebook.com
Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

Jelang pementasan digelar pula pameran foto dan properti

pementasan tari yang lalu


Indonesia Pentaskan Tari  

12 Januari 2017

Penari Eky Dance Company saat tampil dalam gladi resik pementasan kabaret oriental bertajuk
Indonesia Pentaskan Tari  

EKI akan mementaskan dua karya tari di India.