Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Kisah tentang Panglima Rubiyah

image-gnews
Sendratari Matah Ati yang dipentaskan perdana di Esplanade, Singapura. (Davy Linggar)
Sendratari Matah Ati yang dipentaskan perdana di Esplanade, Singapura. (Davy Linggar)
Iklan
TEMPO Interaktif, Singapura - Asap dupa membubung dari sebuah anglo kecil. Tak jarang mantra-mantra dirapalkan oleh empat mbok emban. Suaranya saling berkelindan menjadikannya magis.


Sekonyong-konyong muncul gadis desa yang cantik di belakang mereka. Menggunakan kain jarik sederhana, namun tubuhnya dibungkus oleh jubah bunga melati sepanjang sepuluh meter rancangan Sri Astari Rasjid. Ia berjalan pelan sembari mendendangkan tembang-tembang Jawa. Sang gadis tampak begitu anggun.


Dialah Rubiyah, istri Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyowo. Di tangan Atilah Soeryadjaya, sosok Rubiyah menjadi tokoh sentral dalam sajian sendratari Matah Ati, yang berkisah tentang prajurit wanita di balik kebesaran Mangkunegaran. Pertunjukan perdana tari kolosal itu digelar di Esplanade, Singapura, Jumat dan Sabtu pekan lalu.


Atilah, sebagai sutradara dan perancang busana, ingin mengangkat biografi seorang Rubiyah yang selalu menemani Raden Mas Said dalam peperangan melawan penjajah Belanda. "Dulu kebanyakan perempuan hanya menjadi hiasan. Raden Mas Said mengubah itu, prajurit wanita harus terjun dan perang," ujar Atilah.


Alkisah, Rubiyah yang diperankan oleh Rambat Yulianingsih adalah gadis desa Matah yang cantik. Dalam masa akil balignya, ia selalu bermimpi menjadi junjungan ratu. Mimpi yang senantiasa membayangi itu segera ia tepis.


Hingga suatu ketika, ada pertunjukan wayang di desa tersebut. Saat orang-orang terlelap, Raden Mas Said, yang diperankan oleh Fajar Satriad, melihat gadis ini dengan pengasihannya (kemaluannya) yang bersinar. Tak lain adalah pertanda bahwa gadis ini adalah pilihan Sang Hyang untuk teman hidup Raden Mas Said. Diberikanlah ikat kepalanya agar menjadi penanda bahwa gadis itu terpilih.


Keesokan harinya, diutuslah punggawa kerajaan untuk mencari gadis itu. Tak tahunya, gadis ini adalah anak seorang kyai yang juga guru ngaji Raden Mas Said. Rubiyah telah jatuh hati pada Pangeran itu.


Di pesanggrahan tersebut, kemampuan Rubiyah dalam seni perang dijajal. Mereka berlatih bersama. Gerakan tari yang sungguh memukau. Rambat tak kalah maskulin dibanding Fajar. Meskipun demikian, Rambat tetap memperlihatkan keluwesan tari seorang perempuan pada gerakan-gerakan itu.


Pecah perang melawan pasukan Belanda terjadi. Prajurit wanita dan laki-laki turun ke medan laga. Rubiyah memimpin prajurit wanita dengan formasi setengah lingkaran. Formasi ini diambil Atilah saat mengunjungi makam keluarga kerajaan Mangkunegaran. "Makam Rubiyah dikelilingi oleh prajurit-prajurit wanita, membentuk setengah lingkaran," Atilah menjelaskan.


Adegan ini nampak sangat menarik. Direktur Artistik Jay Subyakto membuat panggung pertunjukan dengan kemiringan 15 derajat sepanjang 2,5 meter dari bahan metal. "Ketika perang terjadi, prajurit seperti berada pada kondisi perang yang melelahkan," kata Jay. Ya, mereka terengah-engah harus naik-turun panggung selama pertunjukan berlangsung.


Di tengah-tengah panggung, terdapat pintu yang bisa terbuka secara otomatis. Saat upacara perkawinan sekaligus pembaiatan Rubiyah menjadi panglima perang wanita, mereka berdua muncul dari balik pintu itu.


Tari kolosal berdurasi satu setengah jam ini memang bukan garapan yang ala kadarnya. Koreografi yang digarap oleh Daryono, Eko Supendi, dan Nuryanto, tetap memegang konsep langendriyan, yaitu gerakan tari khas Mangkunegaran. "Semua alat panggung dan properti seberat 30 ton dibawa dari Indonesia. Kami membawanya dengan kapal,," ujar Jay. Panggung metal serta properti seperti gunungan, janur kuning imitasi, serta kostum penari dipersiapkan dengan sangat detil.


Pihak Esplanade pun tak main-main. "Begitu panggung dijajal, ada seorang tenaga ahli dari sini yang menguji keamanan panggung itu," kata Atilah. Bahkan, semua kostum penari harus disemprot oleh bahan anti api. Kecuali kain yang dipakai penari utama karena umur kain yang sangat lawas, sekitar 97 tahun. Cairan anti api tersebut rupanya tidak bisa hilang oleh air.


Selama kurang lebih 6 bulan, Atilah meriset tokoh Rubiyah ini. Selain literatur yang ia dapatkan dari koleksi perpustakaan Mangkunegaran, Atilah juga mewawancarai para sesepuh, dan melakukan perjalanan ritual dengan melihat makam tokoh besar itu. "Memang tidak banyak detail tentang Rubiyah. Tetapi dalam setiap catatan tentang Raden Mas Said, selalu muncul tokoh Rubiyah ini," ujarnya menerangkan.


Atilah juga memilih tembang-tembang yang dilantunkan seperti yang ditemukan dalam literatur itu. Tembang dan musik kemudian diolah dengan sangat kontemporer oleh penembang Blacius Subono. Komposisi musiknya tak hanya berdasarkan musik tradisi, terkadang diubah menjadi kekinian.


Pementasan Matah Ati di Esplanade itu melibatkan 95 penari dan pengrawit. Boleh dibilang ini sebuah pertunjukan yang megah. Temanya juga menarik, mengangkat tokoh Rubiyah yang selama ini berperan besar akan sepak terjang seorang pangeran kerajaan. Pun sebagai rahim dari keluarga Mangkunegaran.



ISMI WAHID

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

29 April 2018

Peserta delegasi dari Pekalongan di Asian African Carnival 2018 di Bandung, Jawa Barat, 28 April 2018. Karnaval budaya Asia Afrika bertema Respect Diversity ini diikuti sekitar 4.000 perserta dari seluruh Indonesia dan perwakilan delegasi asing. TEMPO/Prima Mulia
Hari Tari Sedunia, Bandung Menari 18 Jam

Seniman dan penggiat tari di Jawa Barat merayakan Hari Tari Sedunia di Bandung.


Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

28 Oktober 2017

Tari Sonteng (ANTARA News)
Tari Sonteng dari Jawa Barat Pikat Diplomat di Ekuador

Tari Sonteng dari Jawa Barat memikat hati para diplomat Ekuador yang tergabung dalam Asosiasi Pasangan Diplomat Ekuador.


Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

7 September 2017

Eko Supriyanto foto besama penari yang menarikan tari Balabala saat GR pementasan penutupan SIPFest 2016 di Teater Salihara Jakarta, 4 November 2016. TEMPO/Nurdiansah
Tari Cry Jailolo yang Mendunia Dipentaskan di SIPA 2017 Malam Ini

Eko Supriyanto akan mementaskan tari Cry Jailolo pada pembukaan pagelaran Solo International Performing Art (SIPA) di Benteng Vastenburg, Surakarta.


Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

30 Agustus 2017

Pementasan tari dalam acara Jakarta Dance Meet Up di Gedung Kesenian Jakarta, 31 Maret 2017. TEMPO/Frannoto
Nanti Malam, Lima Komunitas Tari Beraksi di JDMU#2

Dance Meet Up (JDMU) #2 merupakan ajang pertemuan para komunitas tari dari berbagai genre di Jakarta.


Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

25 Agustus 2017

Penari Balet membentuk formasi saat membawakan pertunjukkan Balet dengan Tema Si Kabayan di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), 31 Oktober 2015. Pertunjukan Balet yang dimaikan oleh Marlupi Dance Academy (MDA) ini, mengkawinkan antara seni tari balet klasik dan kontemporer Nusantara. TEMPO/Subekti
Penari Balet Marlupi Dance Academy Raih 7 Medali di Hong Kong

Penari balet Marlupi Dance Academy (MDA) berhasil meraih 7 medali di dalam ajang Asian Grand Pix 2017 yang diselenggarakan di Hong Kong.


Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

11 Juli 2017

Sejumlah penari difabel dan non-difabel melakukan latihan jelang pementasan di Galeri Kesenian Jakarta, Jakarta, 8 Juli 2017. Mereka akan membawakan koreografi CandoDance karya Mirjam Gutner dan Tanja Erhart dari grup Candoco Dance Company (Inggris). TEMPO/Subekti
Gala Balet Tampilkan Kolaborasi Penari Difabel  

Gala Balet akan menampilkan kolaborasi penari difabel dari Australia, Prancis, Korea Selatan dan Italia.


Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

16 Mei 2017

Karya origami
Penari Prancis dan Indonesia Berkolaborasi Pentaskan Sadako

Berbeda dari kebanyakan anak-anak lain yang terkena paparan bom atom, Sadako bertahan hidup bahkan layaknya manusia normal.


Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

25 April 2017

Dua seniman membawakan tarian Bisma Srikandi di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Solo, (29/4). Pertunjukan yang digelar selama 24 jam ini untuk memperingati Hari Tani Sedunia. Tempo/Ahmad Rafiq
Hari Tari Sedunia di Solo Dimeriahkan Ribuan Seniman  

Ribuan seniman akan menari bergantian selama sehari semalam untuk memperingati Hari Tari Sedunia di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, 29 April 2017.


Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

9 Maret 2017

Poster Pertunjukan tari Arka Suta dari Sanggar Padnecwara. Facebook.com
Pentas Arka Suta, Perayaan 41 Tahun Padnecwara

Jelang pementasan digelar pula pameran foto dan properti

pementasan tari yang lalu


Indonesia Pentaskan Tari  

12 Januari 2017

Penari Eky Dance Company saat tampil dalam gladi resik pementasan kabaret oriental bertajuk
Indonesia Pentaskan Tari  

EKI akan mementaskan dua karya tari di India.