Desta Sindir Orang yang Pamer Hewan Kurban di Media Sosial

Reporter:
Editor:

Marvela

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Deddy Mahendra Desta. (Instagram/@desta80s).

    Deddy Mahendra Desta. (Instagram/@desta80s).

    TEMPO.CO, JakartaPresenter Deddy Mahendra Desta atau Desta mengomentari tindakan sejumlah orang yang berlomba-lomba mengunggah hewan kurban di media sosial. Ia mengibaratkannya melalui sebuah perumpamaan.

    "Udah keluar duit banyak beli mobil sport mewah masa ga diposting?" tulis Desta di Instagram Story pada Rabu, 21 Juli 2021. "Yang pada posting beli sapi untuk kurban semoga mikirnya ga gitu yah *renungan si julid," tulisnya.

    Meski tidak secara langsung menyebut pihak yang dituju, diduga unggahan Desta ini menyindir sejumlah figur publik yang menjadikan hewan kurban mereka sebagai konten di media sosial. Mulai dari Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Irfan Hakim, hingga Ria Ricis memperlihatkan perjalanan mereka sejak memburu hewan kurban berukuran jumbo hingga akhirnya disembelih dan dibagikan kepada warga. Mereka membuat sejumlah video yang diunggah di kanal YouTube bahkan beberapa di antaranya trending.

    Sebelum Desta, Lutfi Agizal juga pernah menyuarakan hal yang sama. Ia mengaku miris dengan tindakan sejumlah artis yang membuat konten berkurban di Hari Raya Idul Adha. "Zaman now, berqurban sama konten cuan beda tipis. (Miris) self reminder," tulisnya di Instagram pada Selasa, 20 Juli 2021.

    ADVERTISEMENT

    Namun unggahan Lutfi ini justru diprotes oleh pemain sinetron, Haydar Ali. Menurutnya memamerkan hewan kurban di media sosial jauh lebih baik dibanding mengomentari orang lain. "Yang pamer dengan melakukan hal baik (berqurban). Jauh lebih mulia ketimbang orang yang nyinyirin orang berqurban walaupun dirinya berkurban. Karna faktanya walapun niat apa pun qurbannya daging tetap di nikmati fakir miskin. Hasil dari nyinyir apa sodara ku," tulis Haydar di kolom komentar dan telah disukai lebih dari 3,4 ribu akun.

    Sejumlah netizen juga tidak setuju dengan pandangan Lutfi. "Itu kan urusan mereka sama Allah selama gak merugikan orang ya biarkan saja," tulis @ibue_fanisya. "Yang penting iklas, bahagia, mau apa-apa duit-duit sendiri, di mana salahnya," tulis @lilychinara. "Tapi jauh lebih baik berkurban dibuat konten sih dari pada cuman mengkritik dan komenin doang," tulis @assayangmu.

    Sebelum mengomentari soal pamer hewan kurban di media sosial, Desta menyoroti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat yang diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Menurutnya, sertifikat vaksinasi perlu menjadi syarat menggunakan media sosial.

    "Nanti kalo PPKM udah diperlonggar, ke depannya bikin aturan aja yang mau log in sosmed, twitter dan instagram wajib upload sertifikat vaksin. Jadi andai ada yang ga percaya covid dan ga mau vaksin pun, minimal ga punya tempat ngebacot," tulis Desta di Twitter pada Selasa, 20 Juli 2021.

    Baca juga: Desta Dibully Setelah Mencuit UU Cipta Kerja: Sudah Dibaca Semua?


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Gonta-ganti Istilah Kebijakan Pemerintah Atasi Covid-19, dari PSBB sampai PPKM

    Simak sejumlah istilah kebijakan penanganan pandemi Covid-19, mulai dari PSBB hingga PPKM, yang diciptakan pemerintah sejak 20 April 2020.