Desta Dibully Setelah Mencuit UU Cipta Kerja: Sudah Dibaca Semua?

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Deddy Mahendra Desta. TEMPO/Nurdiansah

    Deddy Mahendra Desta. TEMPO/Nurdiansah

    TEMPO.CO, JakartaDesta menjadi sorotan setelah memberi komentar mengenai UU Cipta Kerja. Pemilik nama lengkap Deddy Mahendra Desta itu bahkan menjadi trending di Twitter pada Rabu, 7 Oktober 2020 karena dianggap mendukung UU Cipta Kerja. Desta mempertanyakan masyarakat yang memprotes disahkannya UU Cipta Kerja.

    "Udah dibaca full nya? Udah paham bener?.. jangan cuma ikut-ikutan teriak dukung atau tolak padahal baca cuma sepotong-sepotong dan ga paham isi nya.. apalagi sampe ngotot-ngototan biar dibilang keren," tulis Desta di Twitter pada Rabu, 7 Oktober 2020.

    Cuitan tersebut langsung menjadi sorotan dan dibanjiri beragam komentar netizen yang merasa kecewa dengan tindakan Desta karena seolah-olah tidak memihak kepada buruh. "Sebagai salah satu sobat botuna, saya agak kecewa dengan twit anda. Gak semua yang demo harus baca, yakali buruh disuruh baca 1.000an halaman RUU? Yang sarjana aja kadang bingung. Mending menyerahkan pada para ahli, apa pendapat mereka kita jadikan landasan, dan faktanya banyak yang kontra," tulis akun @langkahbaru.

    Massa gabungan dari buruh dan mahasiswa merobohkan pagar kompleks gedung DPRD Jateng saat berunjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja Omnibus Law yang telah disahkan oleh DPR RI di depan gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Rabu, 7 Oktober 2020. Aksi penolakan yang dihadiri ribuan massa gabungan tersebut berakhir ricuh, pihak kepolisian masih memburu para penyusup di antara pengunjuk rasa yang diduga melakukan provokasi kericuhan. ANTARA/Aji Styawan

    Kemudian ada juga yang mengaitkan dukungan Desta kepada Presiden Joko Widodo. Pada Juli lalu, Desta diketahui menerima undangan dari Jokowi di Istana Merdeka. "Hey botuna Desta kita udah baca kok, banyak juga yang udah ngerangkum jadi poin-poin penting yang mudah di pahami. Iya tahu lu dukung Pak Jokowi, sama kok gue juga kemarin. Tapi sekarang udah kecewa sih gue mah sama pemerintah," tulis akun @noviajoong.

    Setelah mendapat banyak kritikan, Desta memberikan klarifikasi terkait maksud dan tujuan cuitan tersebut. Ia tidak ingin ada pihak yang salah kaprah dengan UU Cipta Kerja. "Nge-twitt gini banyak yang marah-marah.. hahaha.. kalo yang udah baca dan paham ya bagus lah.. padahal motivasi saya nge-twitt ini karena ada sodara saya yang ngotot banget dukung belain tapi belum tahu sama sekali isinya.. heran pada doyan amat berantem.. #sayaMahCintaDamai," tulisnya.

    Menurut netizen, Desta tidak berpihak kepada buruh dan tidak merasakan betul dampak dari UU Cipta Kerja. "Enak jadi artis ngetwit kayak gini aja bisa jadi duit, lah model kayak gw bubuk rengginang apalah daya pengen pnya gaji layak aja harus gontok-gontokan," tulis akun @Boyrafly13. "Kalo enggak terlalu terdampak sama RUU ini sih memang menanggapinya santai kaya tweet ini.. tapi rakyat jelata bangg kasian," tulis akun @kikikurniawan96. "Iyalah lo ga dirugikan apa apa bang des wkwkwk, lo kan bukan buruh bang. UU nya ga ngaruh di abang kok, jd tenang aja. silahkan kamu damai, tapi buat kita-kita yang ngerasa terancam, maaf aja," tulis akun @lilimanobanz.

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Setahun Pandemi Covid-19, Kelakar Luhut Binsar Pandjaitan hingga Mahfud Md

    Berikut rangkuman sejumlah pernyataan para pejabat perihal Covid-19. Publik menafsirkan deretan ucapan itu sebagai ungkapan yang menganggap enteng.