Puji Acara TV Edukatif Jepang, Jerome Polin Bandingkan dengan Indonesia

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Jerome Polin. Instagram/@jeromepolin

    Jerome Polin. Instagram/@jeromepolin

    TEMPO.CO, Jakarta - YouTuber Jerome Polin memuji acara TV Jepang di hadapan teman-temannya yang memang merupakan orang di negara Jepang. Hal ini karena acara TV Jepang yang setiap hari selalu menayangkan acara yang mendidik, seperti kuis edukatif.

    "Acara TV Jepang banyak banget yang quiz, battle pengetahuan umum gitulah. Mantep banget sih. Biasanya keluarga nonton bareng anak-anak sambil makan. Hmm keren," tulis Jerome di Instagram Storynya pada Senin, 7 September 2020.

    Jerome mengatakan kepada teman-temannya bahwa acara TV seperti itu sangatlah keren karena bisa menambah pengetahuan sambil mendapatkan hiburan sekaligus. Namun respon dari teman-temannya membuat Jerome kebingungan. "Temen-temenku tanya 'Lah emang di Indonesia acara TV nya kayak gimana?' Aku bingung jawab apa wkwkwk," tulis Jerome.

    Karena hal ini juga membuat Jerome sadar dan paham mengapa orang Jepang dikenal banyak yang pintar dan suka belajar. Mereka sejak kecil memang sudah terbiasa disuguhkan dengan tontonan kuis edukatif yang membahas mengenai pengetahuan umum.

    Jerome Polin mendapatkan Gold Play Button dari Youtube, 2019. Instagram/@jeromepolin

    Salah seorang temannya bernama Tomo juga mengatakan acara kuis di Jepang terlalu banyak karena ditayangkan setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 9 malam. "Artinya di Jepang acara quiz ini laku banget kan yah kalo sampe tiap hari.. hmm mantap jiwa," tulis Jerome.

    Tak disangka para pengikutnya di Instagram setuju dengan pendapat Jerome yang merasa resah karena di Indonesia sudah jarang bahkan tidak ada lagi acara kuis edukatif seperti dulu. Jerome menilai jika penonton di suatu acara sedikit maka akan diganti dengan acara lain yang lebih menarik dan akan mendapatkan banyak penonton. Menurut Jerome kondisi seperti itu dipengaruhi oleh dua sisi, stasiun TV dan penonton.

    "Dari sisi TV, buat acara yang seru dan ada edukasinya. Dari sisi penonton, harus mendukung. Hasilnya, selera mayoritas penonton meningkat, jalan deh. Aku tahu ini gak semudah yang dibayangin sih sebenarnya hahaha. Kalau ngomong doang enak yak wkwkwk. Kata kuncinya sih 'selera masyarakat' dan acara TV' 2 hal ini saling berhubungan," tulisnya.

    Sehingga, Jerome ingin ikut berkontribusi untuk menyajikan tayangan edukatif melalui kanal YouTube-nya. Jerome dan teman-temannya memang sering membuat video kuis mengenai pengetahuan umum, belajar Bahasa Jepang, mengerjakan soal matematika, dan lain-lain. "Makasih banyak buat kalian yang mendukung, sehingga konten-konten quiz, battle, belajar, dan lain-lain yang aku upload bisa bertahan hehe," tulis Jerome.

    Jerome mengaku sebagai Youtuber, dukungan dari subscribersnya yang sudah mencapai lebih dari 4,4 juta itu sangat berkontribusi besar dalam keberlangsungan konten yang dibuatnya.

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Pemerintah Pangkas 5 Hari Cuti Bersama 2021 dari 7 Hari, Tersisa 2 Hari

    Pemerintah menyisakan 2 hari cuti bersama 2021 demi menekan lonjakan kasus Covid-19 yang biasa terjadi usai libur panjang.