Arief Muhamad Beri Edukasi Lutfi Agizal Soal Kata Anjay

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Lutfi Agizal. (Instagram - @lambe_turah)

    Lutfi Agizal. (Instagram - @lambe_turah)

    TEMPO.CO, Jakarta - Penulis dan Youtuber,  Arief Muhammad memberikan edukasi kepada Lutfi Agizal, yang menyerang Rizky Billar karena penggunaan kata anjay. Lutfi menilai, Rizky telah memberikan contoh buruk kepada masyarakat dengan menggunakan kata tersebut. Ada netizen menanyakan pendapat Arief soal kata anjay itu.

    "Kasar atau enggaknya suatu kata itu tergantung ngomongnya sama siapa, ngomongnya di mana dan penempatan waktunya juga seperti apa," tulis Arief di Instagram Storynya pada Selasa, 25 Agustus 2020.

    YouTuber yang memiliki lebih dari 2,4 juta subscribers itu kemudian menjelaskan lebih lanjut mengenai pendapatnya itu. Kata anjay tidak selalu buruk jika ditujukan kepada orang yang tepat. "Misal gue mau ngajak temen main PUBG, 'Weeey @danielbram anjeeeng, ayok buruan lobby'. Dianya malah ngakak dan kami jadi makin akrab. Coba gue ngomong gitu ke Pak Luhut. Selesai," tulisnya.

    Arief Muhammad. (Instagram - @ariefmuh)

    Lokasi penyampaian kata juga perlu diperhatikan. "Misal gue lagi ketemu @young_lex18 di pos ronda, terus gue nyapa, 'Anjaay tengah malem gak pakai baju. Bae-bae stroke, lexxxx!' Tempatnya cocok. Coba gue lagi di tengah panggung jadi pembicara seminar, terus pas Young Lex masuk ruangan gue ngomong, 'anjaaaay, udah telat nggak pakai baju Leeex, macam betul kaliii' Nggak pantes," tulisnya.

    Serta waktu yang tepat akan membuat kata tersebut tidak terkesan kasar atau tidak sopan. "Ini sih nggak perlu dijelasin. Ya kira-kira aja, kalau pas istirahat atau lagi main terserah deh bebas, tapi kalau lagi jam belajar sama guru kan ya gak mungkin," tulisnya.

    Di akhir unggahannya tersebut Arief memberikan kesimpulan atas pendapatnya itu. Menurutnya sebagai manusia akan lebih baik jika menjalani hidup lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. "Kesimpulan: hidup jangan kaku-kaku banget, lah. Nggak punya temen ntar. Hiiii," tulisnya.

    Lesty Kejora mengunggah foto bersaa Rizky Billar. Foto: IG @lestykejora.

    Netizen ikut setuju dengan pendapat Arief dan mencibir Lutfi. "Anak dia kelak kalau lagi nongki sama kawan-kawannya bagaimana ya, jadi manusia kaku mungkin yang hidupnya serius mulu," tulis akun @aprillia_azizah85. "Hdupnya terlalu kaku, kayak bihun sebelum direndem ke air," tulis akun @nwfadila. "Lutfii kaku banget kamu kaya kaneboo kering," tulis akun @sitiasyifahh_.

    Lutfi Agizal juga mengapresiasi salah satu stasiun TV yang melakukan sensor terhadap kata anjay yaitu Trans TV dalam program Rumpi yang dipandu oleh pembawa acara Feni Rose. Ia berharap stasiun TV lain mengikutinya untuk melakukan sensor terhadap kata anjay yang dipandangnya bermakna buruk itu.

    "Allhamdulillah @transtv_corp & @rumpi_ttv setuju dengan kata-kata (Anj*y dkk tersebut lebih baik tidak digunakan). Semoga makin banyak TV yang sama-sama mengikuti agar generasi kita selanjutnya tidak terpengaruh secara mudah untuk mengikuti kata-kata yang dapat bermakna buruk. Yuk sama-sama bijak dalam berbicara," tulis Lutfi di Instagramnya pada Selasa, 25 Agustus 2020.

    MARVELA


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Daftar Lengkap Harga Mobil Toyota Tanpa PPnBM, dari Avanza hingga Vios

    Relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil berlaku pada 1 Maret 2021. Terdapat sejumlah model mobil Toyoto yang mendapat diskon pajak.