Alasan Baim Wong Tutup Kolom Komentar Saat Selamati Jokowi

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Artis yang juga Youtuber Baim Wongs dengan subscriber sebanyak 12,6 juta orang kini menjadi youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia menurut socialblade.com pada Ramadan lalu. Instagram/@baimwong

    Artis yang juga Youtuber Baim Wongs dengan subscriber sebanyak 12,6 juta orang kini menjadi youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia menurut socialblade.com pada Ramadan lalu. Instagram/@baimwong

    TEMPO.CO, JakartaBaim Wong angkat bicara terkait penutupan kolom komentar pada unggahannya bersama Presiden Jokowi di Instagramnya. Saat itu Baim mendapat banyak kritikan terkait tulisannya yang dianggap terlalu memuji Jokowi.

    "Saya tidak mau komentar itu jadi perantara kalian, pro saya sama kontra saya berantem di situ, takutnya itu jadi sarana kalian untuk berantem di situ. Karena waktu itu ada 22 ribu orang yang komentar. Jadi pro dan kontra saya berantem di situ, nanti jadi dosanya ke saya, buat apa," kata Baim di kanal YouTubenya pada Minggu, 28 Juni 2020. "Saya non aktifin, kan di Indonesia gitu dilakuin A salah dilakuin B salah."

    Selain menutup kolom komentar, Baim juga sempat mengganti tulisannya yang ditujukan untuk Jokowi. "Kenapa judulnya juga saya ganti? Saya enggak mau. Saya juga pikir kenapa sih judulnya itu, 'Oh kayaknya yang era-era ini gue salah nih'. Gue enggak tahu kalau emang Jokowi misalkan di mata orang begini ya, kalau buat gue mah dia orang baik," katanya.

    Hal itu ia ketahui ketika bertemu langsung dengan Jokowi beberapa waktu lalu. Dari pertemuan tersebut Baim memiliki kesan positif terhadap Jokowi. Baim juga membantah dugaan netizen yang mengaitkannya ke politik dan dibayar oleh pihak tertentu.

    Baim Wong, Paula Verhoeven bersama Presiden Jokowi dan Iriana. (Instagram - @baimwong)

    "Gue pernah ketemu sama dia, gue pernah nge-vlog bareng dia, orangnya sangat baik banget, bisa gue ceritain panjang juga di sini, dan gue di sini juga enggak ngomong politik, enggak sama sekali, enggak ada gue dibayar sama dia, tapi karena menurut opini gue dia itu orang baik," katanya.

    Sebenarnya Baim tidak ingin memberikan penjelasan apa-apa mengenai pentupan kolom komentar dan penggantian kalimat yang dituliskannya. Namun karena sudah terlanjur ramai menjadi perbincangan, Baim ingin meluruskan supaya tidak semakin meluas kemana-mana. "Saya itu gak perlu orang tahu maksud saya apa, tapi karena ini udah memperkeruh suasana jadi saya jelasin lagi, mau percaya atau engga terserah, gue sih gak ada masalah, demi Allah tidak ada masalah sama sekali dan tidak dendam," katanya.

    Semula, Baim menuliskan kalimat seperti ini sambil menyertai foto dia bersama Jokowi dan Iriana Widodo. "Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi!! Presiden terbaik pilihan saya di era sekarang. Tetep jujur dan jangan pernah takut hadapi segala cobaan ya pak. Selamat ulang tahun pak @jokowi!" tulisnya pada Minggu, 21 Juni 2020. Setelah ramai dibully netizen, Baim menggantinya menjadi "Selamat ulang tahun Pak Presiden." dan menutup kolom komentarnya.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    30 Kursi Pejabat BUMN dan Pemerintah Diisi Perwira Polisi

    Sebagian dar 30 perwira polisi menduduki jabatan penting di lembaga pemerintah. Sebagian lainnya duduk di kursi badan usaha milik negara alias BUMN.