Minta Tahan Diri Tidak Unggah Makanan, Kemal Palevi Dibully

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Kemal Palevi dan Nam Joo Hyuk. Instagram

    Kemal Palevi dan Nam Joo Hyuk. Instagram

    TEMPO.CO, Jakarta - Youtuber, komika, dan aktor, Kemal Palevi meluapkan kekesalannya terhadap orang-orang yang mengunggah foto makanan hingga minuman beralkohol pada siang hari ketika umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. "Gue suka kesel deh sama orang yang followersnya banyak, tapi masih upload makan siang-pas puasa gini. Yang masih upload minum alkohol," tulis Kemal di Twitternya pada Selasa, 28 April 2020.

    Menurutnya hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan di saat banyak orang yang berpuasa. Seharusnya mereka bisa menahan diri untuk tidak menunjukkan foto makanan di media sosialnya selama Ramadan ini. "Bisa gak sih sebulan doang gitu ditahan upload yang begitu-begitu? Kan 11 bulan kemaren upload-an nya begitu terus. Mbok ya pas Ramadan pencitraan dulu gitu loh," tulis Kemal.

    Namun ternyata pendapat Kemal tersebut kurang disetujui oleh rekan seprofesinya, Reza Oktovian atau yang lebih akrab dipanggil Reza Arap. "Kalau tweet lo ini serius, gua kagak setuju, Mal. haha. Jangan ngerasa superior gitu ah," tulis Reza.

    Kemal pun kembali membalas tanggapan Reza. Ia menjelaskan bahwa itu adalah pendapatnya dan tidak mengharuskan semua orang setuju dengan pendapatnya. "Tapi kalau dia muslim juga, gue sih ya kesel Rap. Ini gue ya. Tapi kalau lo gak masalah ya gak apa-apa. Kan hak masing-masing. Opini gue aja itu Rap," tulis Kemal.

    Dengan jawaban seperti itu, Reza merasa bahwa cuitan awal Kemal bisa menimbulkan berbagai macam persepsi di masyarakat. Tanpa memperpanjang perdebatan tersebut, Reza mengakui bahwa itu adalah hak setiap orang untuk berpendapat dan tidak ada yang salah. "Nah berarti kalimat tweet lo kurang, Mal. Jatohnya liar banget. Anyhow, buat gua pribadi tetep itu hak masing-masing, dan lo cuma ngingetin. Jadi ya ngga ada yang salah. Adanya amer," tulis Reza.

    Akhirnya percakapan keduanya menjadi lebih cair dan berhenti sampai Kemal membalas cuitan Reza tersebut. "Waduh lagi puasa bos berat. Tapi harus hormat nih saya. Orangtua," tulis Kemal.

    Melihat percakapan keduanya, netizen pun ikut berpendapat mengenai unggahan foto-foto makanan di media sosial ketika berpuasa. Mereka menyindir Kemal yang kurang bijak dalam berkomentar apalagi ketika bulan Ramadan ini dianggap tidak bisa mengontrol emosinya.

    "Lagian lemah banget dikasih foto makanan aja ngomel. Lu puasa buat ibadah apa sekadar formalitas? Lagian kalau puasa karena Tuhan pasti bakal lebih susah tahan amarah daripada makan minum. Kocak," tulis akun @Itsmentan. "Masa cuman karena liat upload gitu batal, iri atau gimana. Gue yakin iman mereka ga selemah itu," tulis akun @igedeee. "Uninstall sosmed ato masok goa biar aman dari semua godaan. Gampangkan," tulis akun @rea_nababan. "Aku bodo amat sama orang mau upload makanan kek, mau mabok kek, haknya dia. Gak minta uang juga sama aku. Lagian ya puasa perkuat iman, bukan nunjukin kalo imannya lemah karna ga kuat godaan," tulis akun @tiarukmanaptr.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Benarkah Ada Jam Makan Yang Bikin Gemuk?

    Banyak cara untuk membuat berat badan menjadi ideal, contohnya waktu makan. Namun makan di jam yang salah bisa bikin gemuk.