Masker untuk Cegah Corona Langka, Maia Estianty Bikin Sendiri

Reporter:
Editor:

Nunuy Nurhayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Maia Estianty Kenakan masker buatan sendiri. (Instagram - @maiaestiantyreal)

    Maia Estianty Kenakan masker buatan sendiri. (Instagram - @maiaestiantyreal)

    TEMPO.CO, Jakarta -Maia Estianty punya cara tersendiri untuk mengatasi kelangkaan masker dengan membuatnya sendiri. Menurutnya cara ini juga bisa membantu pasokan masker tetap bisa disalurkan kepada tenaga medis di rumah sakit.

    "Pusing cari masker? Bikin sendiri buat yang di rumah. Supaya pasokan masker yang ada bisa ke RS dulu. Gw bikin yang bisa cuci," tulis Maia di Instagramnya pada Minggu, 22 Maret 2020.

    Ibu tiga anak itu juga memberitahukan kepada para pengikutnya bagaimana cara membuat masker tersebut. "Caranya: Dari kain cotton drill (karena seratnya rapat, jadi kalau dilihat di lampu nggak tembus pandang), tumpuk dua, dijahit bolak balik," tulis Maia.

    Istri pengusaha Irwan Musry itu juga menyarankan untuk membuat masker tidak sekali pakai itu lebih dari satu sehingga bisa bergantian digunakan ketika dicuci. "Bikin banyak aja sekalian, abis itu cuci sama disinfektan atau deterjen. Bersih, pakai!" tulis Maia. Selain itu Maia juga menghias maskernya dengan inisial namanya, huruf M dan E.

    Maia juga memberikan opsi lain dengan menggunakan sapu tangan sebagai masker jika dalam kondisi terjepit. "Kalo kepepet nggak ada masker, bisa pake sapu tangan keluar di jalanan. Abis pulang cuci lagi! Moga-moga pada kreatif bikin masker sendiri ya. Colek @olive_and_hers aku terinspirasi dari dia," tulis Maia.Penyanyi Maia Estianty, juga turut membuka galangan dana untuk menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19. Ung hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membeli dan membagikan alat pelindung diri atau APD dan menanggung biaya pengobatan dan pemeriksaan COVID-19 untuk rakyat yang tidak mampu. Instagram/@maiaestiantyreal

    Melihat yang dilakukan mantan istri Ahmad Dhani itu, netizen pun memujinya di kolom komentar. Menurut mereka apa yang dilakukan oleh Maia itu menginspirasi mereka untuk membuat masker sendiri. "Duh bijak sekali. Makasih ya @maiaestiantyreal sudah turut mengedukasi masyarakat bahwa yang lebih membutuhkan APD adalah petugas kesehatan dan orang-orang yang ada di RS," tulis @dr.marinaharoen.

    "Bunda Maia. Saya juga sedang jahit semoga terlaksana bisa jahit agak banyak jadi bisa di kasih ke taman atau siapa aja yang membutuhkan semoga terlaksana," tulis akun @yusmeny. "Tos bun! Karena sulitnya cari masker, akhirnya kami juga bikin sendiri di rumah. Bikin beberapa biar sehari bisa langsung cuci dan ada gantinya," tulis akun @ditaht. "Aku juga gak beli masker, pakai masker kain aja yang ada di rumah Alhamdulillah ada beberapa. Kita harus kreatif dan memanfaatkan yang ada jangan hanya mengeluh," tulis akun @yathira0312.

    Sebelumnya lewat akun Instagram, Maia Estianty mengajak semua pengikutnya untuk ikut menumbang dana demi membantu mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Tanah Air. Melalui situs Kitabisa.com Maia sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1,1 miliar hingga Senin, 23 Maret 2020. Maia pun juga menunjukkan bukti foto sumbangan yang telah disalurkan ke berbagai rumah sakit melalui Instagramnya.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    BPOM, Panduan Penerapan New Normal di Warung Makan

    BPOM memberi petunjuk mengenai penerapan new normal di berbagai tempat. Ada enam rekomendasi ikhwal tatanan baru ketika mengunjungi warung makan.