Tidak Hafal Pancasila, Kalista Iskandar Dihujat dan Dibela

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Finalis enam besar Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar. Instagram

    Finalis enam besar Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar. Instagram

    TEMPO.CO, Jakarta - Kalista Iskandar, finalis 6 besar Puteri Indonesia 2020 mendapat komentar negatif dari netizen setelah salah dalam menyebutkan sila ke-4 dan ke-5 Pancasila. Kesalahan fatal yang terjadi justru saat finalis mengerucut enam besar di malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.

    Saat itu perempuan dengan nama lengkap Louise Kalista Wilson Iskandar inimenjawab pertanyaan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang menjadi salah satu juri. Setelah kejadian tersebut banyak yang menghujat perempuan keturunan Tionghoa dan Amerika Serikat ini melalui cuitan di Twitter.

    "Niatnya sih mau rekrut pemain naturalisasi biar bisa juara dan bikin bangga daerah yang ia wakili. Eh tahunya lupa sama sila ke-4 panik dan ngarang-ngarang sila ke-5. Btw nama aslinya Louise Kalista Wilson Iskandar. Nama yang terlalu keren untuk sebagian umum orang Sumbar," tulis akun @HaikaLOfficia12.

    Kalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 asal dari Sumatera Barat. Foto/Instagram/kalistaiskandar

    Bahkan ada yang menyinggung pendidikan Kalista yang dirasa membuatnya tidak bisa melafalkan Pancasila dengan baik. "Gw orang Sumbar jadi malu banget nih. Pelajaran anak SD aja gak lolos. Kalau cantik doang mah banyak diluar sana," tulis akun @welni2302. "Itu karena Kalista Iskandar darah campuran dan sekolahnya bukan di sekolah negeri tapi internasional. Maka dari itu dia kurang bisa menjawab dengan tepat," tulis akun @samekcool.

    Walaupun begitu, perempuan 21 tahun ini tetap mendapat banyak dukungan dan semangat dari masyarakat Indonesia. Menurut mereka kesalahan yang dilakukan oleh Kalista adalah sesuatu yang wajar karena grogi di atas panggung. "Kalista 'lupa' akan pancasila, ya itu emang salah, tapi apa berhak untuk dihujat sana sini? Silahkan netizen bully dia,tapi sepertinya yang bully dia, belum bisa mendapat prestasi sebanyak Kalista. Di umur 21 tahun aja prestasinya banyak banget? Kalian di umur 21 udah bisa apa?" tulis akun @Elliesh9.

    "Louise Kaliata Iskandar, aku percaya kok kamu hafal Pancasila di luar kepala, secara kamu anak hukum. Kamu tadi malam hanya demam panggung aja, cuma nervous cuma gugup aja. Gak apa-apa. Komentar negatif pasti ada. Itu yang bikin kamu kuat. Semangat Kalista," tulis akun @setiawandani_d.

    "Kalista Iskandar kontestan Puteri Indonesia dari Sumbar yang tadi malam gagal menjawab isi Pancasila. Aku yakin sebenernya dia hafal, tapi grogi dan ga nyangka bakal ditanya itu sama juri. Lagian baru kali ini pertanyaan pageant tuh kaya pertanyaan kuis sepeda," tulis akun @Alamsyart_.

    "Teruntuk mbak Sumatera Barat yaitu mbak Kalista Iskandar, aku yakin mbak pasti gugup jawabnya karena sebelum bapak MPR RI memberi pertanyaan beliau memberikan pernyataan yang menurut saya belibet ditambah amukan penonton mendengar pertanyaan yang diberikan beliau!" tulis akun @weirddreamdheas.

    MARVELA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    New Normal, Cara Baru dalam Bekerja demi Menghindari Covid-19

    Pemerintah menerbitkan panduan menerapkan new normal dalam bekerja demi keberlangsungan dunia usaha. Perlu juga menerapkan sejumlah perlilaku sehat.