Rina Nose: Pembenci, Pelajaran Menghujat Itu Dapat dari Mana?

Reporter:
Editor:

Istiqomatul Hayati

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Rina Nose pernah memutuskan hijrah dan berhijab sekitar 2017 lalu. Namun, presenter dengan gaya kocak itu kembali menghebohkan publik dengan mengunggah foto dirinya tanpa hijab di akun Instagramnya. instagram.com/rinanose16

    Rina Nose pernah memutuskan hijrah dan berhijab sekitar 2017 lalu. Namun, presenter dengan gaya kocak itu kembali menghebohkan publik dengan mengunggah foto dirinya tanpa hijab di akun Instagramnya. instagram.com/rinanose16

    TEMPO.CO, Jakarta - Komedian Rina Nose membuat surat terbuka kepada netizen yang kerap meluapkan kebencian terhadapnya. Ia mengunggah sepuluh foto tangkapan layar yang memperlihatkan komentar netizen dan bagaimana ia menjawab di akun Instagramnya pada Minggu, 29 September 2019. Ia memulai surat terbukanya ini dengan kalimat, "kepada para pembenci, bolehkah saya bertanya."

    Rina Nose mempertanyakan kelembutan hati para haternya terhadap sesama manusia. “Dari mana kalian yang selalu menghujat itu mendapat pelajaran-pelajaran dan latihan untuk membenci orang lain yang berbeda? Untuk tidak saling menghargai terhadap individu lainnya? Siapa yang mengajari anda-anda untuk menghakimi dan menilai orang lain yang berbeda dengan kalian itu salah jalan,” ucapnya.

    Kekasih sutradara dan vlogger Belanda bernama Josscy itu mempertanyakan konsep kebebasan berpendapat netizen berarti boleh berbuat sesuka hati tanpa batas.  “Berbuat sesuka hati yang jahat dan negatif dan membahayakan perikehidupan? Jika betul begitu, saya sangat prihatin dengan kualitas moral dan mental anda!” kata Rina.

    Pada salah satu foto tangkapan layar itu, ada netizen yang mencelanya dengan kata-kata kasar. “Miris banget lihat artis seperti ini, dulu saya ngefans berat sama ni artis karena kerendahan hatinya, tapi semakin ke belakang jijik bangey pingin muntah lihat ni artis. Sok banget, sombong parah, semoga Allah beri hudayah supaya sadar kembali ke jalanNya.”

    Ia juga menunjukkan komentar yang dibalasnya dengan sama kejam lantaran kalimatnya amat keras dan kasar. “Yang penting duit ya, iklan apapun embat saja, mumpun masih diberi nafas oleh Allah. Kalau dah distop palong iklan make up wajah mayat.”

    Oleh Rina, komentar ini dibalas dengan kalimat menohok. “Yang penting komen ya, mau nyinggung atau nggak yang  penting komen aja mumpung masih diberi nafas oleh Allah…kalo dah stop paling ngomenin pocong karena pakai bajunya ketat.”

    Rina selanjutnya mengatakan netizen yang bisa mencela orang lain itu bermoral rendah dan menggunakan kesempatan yang dimiliki  untuk berbuat buruk. “Dia hanya baik hika diawasi ancaman dan hukuman. Pemikiran yang luhur tidak memiliki konsep kejahatan,” katanya.

    Unggahan Rina Nose ini mendapatkan tanggapan yang riuh.  Tercatat ada lebih dari 13 ribuan komentar yang muncul pada unggahan ini. Rina pun meladeni satu per satu yang  berkomentar.

    “Teh Rina ngetiknya pake admin gak yah? Udah sampai 11 ribu komennya,” ujar seorang netizen. Ia pun membalas, “Kalau pakai admin biasanya balasannya kurang gurih.”

    Kebanyakan yang berkomentar justru nyinyir dan tidak mencoba bersimpati kepadanya.  “Jahahaha diposting biar media lihat terus disanjung.” Oleh pemain Opera van Java itu, ia membalas, “Gue udah sering dipuji bro…dulu waktu gue berhijab gue dipuji habis-habisan bro, pas lepas dihujat habis-habisan . Gue udah ngalamin perasaan itu bro. Lu gue bantu reply ya bro, biar followers lu naik.”  


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Lolos ke Piala Eropa 2020, Ronaldo dan Kane Bikin Rekor

    Sejumlah 20 negara sudah memastikan diri mengikuti turnamen empat tahunan Piala Eropa 2020. Ada beberapa catatan menarik.